Achmad Zaky (CEO:BUKALAPAK.COM)
Achmad Zaky adalah
pria kelahiran Sragen, Jawa Tengah yang masih berusia 28 tahun. Zaky sebenarnya
telah mulai berkecimpung di dunia start up sejak masih kuliah di Institut
Teknologi Bandung (ITB) jurusan Teknik Informatika, angkatan 2004.
Setelah lulus kuliah,
bersama teman kuliahnya, Nugroho Herucahyono, Zaky kemudian membuat online
marketplace yang diberi nama Bukalapak.com.
Bukalapak.com yang
secara resmi didirikan pada tahun 2011 lalu, dibuat dengan tujuan memberdayakan
usaha kecil dan menengah Indonesia dengan memberikan wadah kepada UKM-UKM
tersebut untuk berjualan dan menemukan pembeli produk-produk mereka.
Bukalapak.com
mempunyai misi untuk menaikkan kelas UKM di Indonesia karena UKM lah pemain
utama dalam aktivitas ekonomi di dalam negeri dan UKM juga memberikan
kesempatan kerja yang besar bagi penduduk Indonesia.
Setelah berdiri kurang
lebih setahun, Bukalapak mendapat pendanaan dari Batavia Incubator (perusahaan
gabungan dari Rebright Partners yang dipimpin oleh Takeshi Ebihara, Japanese
Incubator dan Corfina Group).
Di tahun 2012,
Bukalapak menerima tambahan investasi dari GREE Ventures yang dipimpin oleh
Kuan Hsu. Pada bulan Maret 2014, Bukalapak mengumumkan investasi oleh Aucfan,
IREP, 500 Startups, dan GREE Ventures.
Dan terakhir pada
bulan February 2015, Bukalapak mendapatkan investasi serie B dari Emtek Group
dan SCTV Group (PT Kreatif Media Karya) sebesar ratusan milyar.
Bukalapak, yang
awalnya hanya diawaki oleh dua orang, lalu bertambah jadi enam orang, bertambah
10 orang yang kini mencapai 90 orang karyawan.
Sementara jumlah
pengunjung awalnya dari nol pengunjung, kini sudah hampir 1 juta pengunjung ke
Bukalapak setiap harinya. Kini nilai transaksi per harinya berkisar antara 1,5
milyar dan 2,5 milyar rupiah dengan jumlah pelapak (penjual) mencapai 190.000
seller.
Bukalapak.com adalah
situs jual beli online yang aman, mudah dan 100 persen terpercaya dengan
Bukalapak Payment System. Setiap transaksi dijamin aman dari penipuan karena pembeli
tidak mentransfer uang langsung ke pelapak melainkan lewat Bukalapak. Uang
pembeli bisa dikembalikan 100 persen jika barang tidak dikirim.
Saat ini Bukalapak.com
sedang berupaya berekspansi ke daerah-daerah agar semakin banyak UKM-UKM
menjual produk-produk unggulan dari masing daerah di Bukalapak.com, sehingga
UKM-UKM di daerah makin meningkat kinerja dan kelasnya.
[Hardiansyah]
[15130000015]
[SI A PAGI]