Kisah Sukses dibalik buku Harry Potter, JK Rowling.


Kisah sukses J.K Rowling.
Tokoh wanita ini mempunyai kisah yang perjuangan hidup yang sangat inspiratif yang patut untuk ditiru. Novel hasil karyanya yang berjudul Harry Potter berhasil membuatnya menjadi salah satu wanita terkaya di dunia yaitu sang penulis dengan nama J.K Rowling yang memiliki nama lengkap Joanne Kathleen Rowling yang lahir pada tanggal 31 Juli 1965, ia lahir di Yate, Gloucestershire Utara, Inggris. Ia seorang lulusan Bachelor of Arts dari Universitas Exeter, Rowling berpindah ke Portugal pada tahun 1990 untuk mengajar Bahasa Inggris. Di sana dia bertemu dengan Jorge Arantes, mereka menikah pada tahun 1992 dan berakhir pada tahun 1995 dan memilik anak perempuan bernama Jessica yang lahir pada tahun 1993. Setelah bercerai, Rowling pindah ke Edinburgh bersama dengan anaknya. Di Edinburgh ia menghadapi masalah untuk menghidupi diri dan anaknya. Dia ingin mengajar di London tapi bermasalah dengan surat kependudukannya jadi ia menganggur dalam beberapa waktu. Ia sempat masuk dalam kategori  sebagai orang miskin dan mendapatkan santunan. Semasa hidup dalam kesusahan itu, Rowling terdorong untuk menulis sebuah buku. Dikatakan ia mendapat ide penulisan buku itu sewaktu dalam perjalanan menaiki kereta api dari Manchester ke London pada tahun 1990.
Ia merasa kemampuan menulisnya mungkin bisa menjadi jalan keluar untuk hidupnya yang sulit, tetapi ia tak mempunyai fasilitas yang memadai seperti komputer. Dia hanya memiliki mesin tik, ia juga tak memiliki uang bahkan hanya untuk membayar fotokopi. Maka ia terpaksa mengetik ulang naskah yang sama hingga beberapa kali agar diserahkan ke beberapa penerbit. Sebanyak 12 penerbit menolak naskahnya, penerbit ke 13 lah yang menerima naskahnya dan mulai memasarkannya. Rowling berhasil menjual buku pertamanya yaitu Harry Potter dan the Philosoper’s Stone dengan harga $4000.
Menjelang musim panas pada tahun 2000, tiga buku pertama Harry potter: Harry Potter and the philoshoper’s stone, Harry Potter and the Chamber of Secret dan Harry Potter and the Prisoner of Azkaban telah memperoleh keuntungan kurang 480 juta dollar Amerika Serikat dalam masa tiga tahun dengan cetakan 35 juta naskah dalam 35 bahasa. Ini menjadikan bukunya New York Times best-seller setelah memperoleh kemenangan yang sama di Britania Raya. Kekayaan Rowling semakin bertambah saat seri ke-4 diterbitkan pada Juli 2000. Seri ini menjadi buku paling laris dalam sejarah.
Dengan tekad yang kuat dan bakat yang dimiliki untuk memperbaiki kualitas diri, Keajaiban pun mulai terjadi layaknya sihir, buku yang sempat ditolak oleh berbagai penerbit itu justru laku keras dan ia mendapatkan berbagai penghargaan . Rowling mampu menjelma menjadi seorang penulis paling kaya di Inggris dan bahkan dunia. Kisah JK pun mulai berubah drastis dari yang sangat miskin, hanya dalam waktu 8 tahun, ia mampu hidup berkelimpahan harta. Dan ia tak lupa diri, ia menyumbangkan keuntungan-keuntungannya pada sejumlah yayasan sosial, khususnya lembaga yang banyak melakukan penelitian tentang penyakit Sklerosis yang mana penyakit yang merenggut nyawa ibunya pada tahun 1990.
Penghujung Desember 2001, Rowling menikah dengan Dr. Neil Murray di Skotlandia dan memiliki 2 anak dan sekarang Rowling memeliki 3 anak.
“ Kemiskinan memuat rasa takut dan stres, dan kadang depresi. Kemiskinan itu berarti beribu penghinaan dan kesulitan. Berjuang keluar dari kemiskinan dengan usaha anda sendiri, itulah yang sesungguhnya menjadi kebanggaan diri sendiri, tetapi kemiskinan itu sendiri hanya terkesan baik oleh orang bodoh. Apa yang paling saya takuti di usia saya seperti anda? Bukan kemiskinan tetapi kegagalan. Kegagalan mengajarkan saya hal-hal tentang diri saya sendiri bahwa saya bisa belajar. Saya menemukan bahwa saya memiliki kemauan yang kuat, dan disiplin lebih dari saya duga, saya juga menemukan bahwa saya memiliki teman-teman nilainya benar-benar melebihi harga permata. –JK Rowling”
Berikut adalah hal-hal yang patut kita contoh dari JK. Rowling sebagaimana dengan kiat suksesnya.

1.       Berjuang keluar dari kemiskinan dengan usaha anda sendiri.
2.       Tanpa tekad yang kuat, bakatpun akan menjadi sia-sia belaka. Dan Rowling membuktikannya dan memetik hasil kerja kerasnya itu.
3.       Mampu mengetahui letak kemampuan dan skill diri sendiri.
4.       “Jangan pernah gagal dalam meraih mimpi anda.”
5.       Berbagi cerita dengan teman-teman.
6.       Jadikan tantangan sebagai berkah untuk terpacu mencoba seseuatu.
7.       Terus mencoba akan memberikan hasil yang memuaskan.
8.       Tidak akan tahu hasil yang telah anda lakukan jika mencoba pun belum dilakukan.
9.       Tapa ada kegagalan tidak akan ada keberhasilan, kegagalan mengajarkan kita untuk lebih hati-hati, lebih dewasa dan lebih matang dalam segala hal, tidak mungkin untuk hidup gagal pada sesuatu. Lead your way to be positive. Gembok tidak akan pernah dibuat tanpa sebuah kunci.
Rowling menjadi sangat beruntung, setelah keseluruhan edisi bukunya diproduksi dalam bentuk layar lebar. Dan seluruhnya merengkuh kesuksesan yang sangat luar biasa. Adapun beberapa buku dari Rowling yang sudah mendunia tersebut;

1.       Harry Potter and the Philoshoper’s Stone.
2.       Harry Potter and the Chamber of Secret.
3.       Harry Potter and the Prisone of Azkaban.
4.       Harry Potter and the Goblet of Fire.
5.       Harry Potter and the Order of Phoniex.
6.       Harry Potter and the Half-blood Prince.
7.       Harry Potter and the Deathly Hallows.
                                                                                 



Ditulis:
Nama: Rizky Khairani Hrp
Nim    : 15130000032

0 komentar: