Lee Byung Chul
Lee Byung-Chull lahir di Uiryeong, Gyeongsang Selatan, Korea pada tanggal 12 Februari 1910. Beliau adalah seorang pendiri perusahaan elktronik terkemuka di dunia yakni SAMSUNG. Ia adalah putra dari keluarga kaya pemilik tanah dan sempat mengenyam pendidikan perkuliahan di Universitas Wesda Tokyo meskipun tidak sampai lulus.

Lee Byung-chull menggunakan warisannya untuk membuka penggilingan padi untuk usaha yang pertama. usaha itu tidak berjalan dengan baik. Namun Lee Byung-chull tidak putus asa. Pada tahun selanjutnya dia mendirikan perusahaan perdagangan ekspor, perdagangan ekspor tersebut menjual ikan, sayuran, dan buah – buahan ke China. Perusahaan tersebut berkembang pesat, dan karena terdapat perang Korea, dia terpaksa berpindah tempat dari Seoul ke Busan. Setelah di Busan, dia tidak berhenti berwirausaha, lantas dia mendirikan pabrik tepung dan mesin gula di Korea Selatan, lalu menjadi perusahaan bersama. Lee Byung-chull mendirikan pabrik gula tersebut karena pada tahun tersebut masih kurangnya produksi gula dan masih belum ada gula yang diproduksi secara besar. Dan itu adalah pabrik gula Korea Selatan pertama. 

Pada tahun 1938 Lee Byung-Chull mendirikan perusahaan bisnis angkutan truk di Daegu pada tanggal 1 Maret 1938, yang ia beri nama Samsung Trading Co, cikal bakal Samsung. Samsung berarti "Bintang Tiga" yang menjelaskan logo perusahaan pada awalnya. Bisnis ini juga menjual ikan, sayuran, dan buah-buahan ke Cina.Perusahaan berkembang dengan pesat dan Lee memindahkan kantor pusatnya ke Seoul pada tahun 1947.

Setelah perang, pada tahun 1954, Lee mendirikan Cheil Mojik dan membangun pabrik wol di Chimsan-dong, Daegu. Dan itu adalah pabrik wol terbesar di negaranya, perusahaan berkembang dengan pesat menjadi perusahaan besar.
Tidak semua perusahaan dengan Brand yang terkenal saat ini didirikan dari awal dengan Brand tersebut, seperti perusahaan Group Samsung yang saat ini lebih dikela oleh publik sebagai perusahaan Elektronik Telekomunikasi pada awalnya adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang yang jauh berbeda dengan saat ini. Dari tahun 1958 dan seterusnya Samsung mulai ekspansi ke industri lain seperti keuangan, media, bahan kimia dan pembuatan kapal sepanjang tahun 1970-an.Pada akhir 60-an, Samsung Group mulai masuk kedalam industri elektronik. Agar perusahaan bisa berkembang dengan pesat perusahaan membagi tugas kerja dalam bentuk divisi-divisi elektronik, di antaranya Samsung Electronics Co Devices, Samsung Electro-Mekanika Co, Samsung Corning Co, dan Samsung Semiconductor & Telecommunications Co, dan membuat fasilitas di Suwon. Produk pertamanya adalah televisi hitam-putih.
Pada tahun 1961 Lee berada di Jepang dan untuk beberapa waktu ia tidak kembali ke Korea Selatan. Akhirnya kesepakatan antara Lee dan pimpinan Korea saat itu mengarahkan Lee kembali namun Samsung harus menyerah kontrol atas bank yang memperoleh dan mengikuti arahan ekonomi dari pemerintah.

Di kemudian hari ia menjabat sebagai ketua Federasi Industri Korea dan dikenal sebagai orang terkaya di Korea.


Pada tahun 1980-an Samsung adalah perusahan manufaktur, distributor, dan menjual berbagai macam peralatan dan produk elektronik di seluruh dunia. Pada tahun 1982, ia membangun sebuah pabrik perakitan televisi di Portugal. Pada tahun 1984, ia membangun sebuah pabrik senilai $ 25 juta di New York. Dan pada tahun 1987, samsung membangun fasilitas lain senilai $ 25 juta di Inggris.

Sejak tahun 1960-an, Samsung Electronics memproduksi apa yang paling dikenal dari Samsung saat ini yaitu Televisi, Mobile Phones sampai tahun 1990, Radio, komponen Komputer dan perangkat elektronik lainnya.

Pada tahun 1980, Perusahaan electronik yang dikuasi oleh Hanguk Tongsin di Gumi mulai membuat prangkat Telekomunikasi dan produk awalnya adalah switchboard.Berawal dari produk tersebut SAMSUNG mulai memproduksi telepon faks yang pada akhirnya menjadi SAMSUNG Mobile Phone Manufacturing.Kemudian dari Pabrik tersebutlah Samsung telah menghasilkan lebih dari 0.8 miliar ponsel hingga sekarang.
Di tahun 1987, pendiri dan Chairman Byung-Chull Lee meninggal dan jabatann Chairman diambil alih oleh Kun-Hee Lee. Pada tahun 1990-an Samsung mulai membangun pabrik memperluas secara global di Amerika Serikat, Britania Raya, Jerman, Thailand, Meksiko, Spanyol dan Cina.

Berdedikasi untuk membuat dunia yang lebih baik melalui berbagai bisnis yang diantaranya adalah teknologi tingkat tinggi, semikonduktur, pencakar langit dan konstruksi, petrokimia, fashion, obat-obatan, finansial, hotel dan banyak lagi. Perusahaan Samsung Electronics, memimpin pasar global di bidang pembuatan barang elektronik teknologi tinggi dan media digital.
Melalui inovasi, produk andal dan layanan-layanan, orang-orang berbakat, pendekatan bertanggung jawab pada bisnis dan warga negara global, juga kolaborasi dengan partner-partner perusahaan Samsung serta pelanggan, Samsung membawa dunia ke arah baru yang imajinatif. Dan semua itu berkat kerja keras Lee.

Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu. Hasil akhir dari proses tersebut adalah penciptaan usaha baru yang dibentuk pada kondisi risiko atau ketidakpastian. Pada suatu negara yang sedang berkembang, peranan para wirausahawan tidak dapat diabaikan terutama dalam melaksanakan pembangunan. Suatu bangsa akan berkembang lebih cepat apabila memiliki para wirausahawan yang dapat berkreasi serta melakukan inovasi secara optimal yaitu mewujudkan gagasan-gagasan baru menjadi kegiatan yang nyata dalam setiap usahanya.


Nama : Taufikana Hasdianti
NIM    : 15130000035

0 komentar: